Kamis, 23 Maret 2017

Sudut Kota Tua Surabaya


Selamat pagi, siang, sore, atau malam, ya Guys. Postingan kali ini terkait janjiku tempo hari buat menulis tentang beberapa sudut kota tua Surabaya yang kukunjungi. Yup, sejak tahun lalu aku suka sekali mengamati setiap lekuk bangunan tua yang ada di Indonesia. Tentu saja bukan mengamati secara langsung, melainkan dari beberapa video di bang Yusup, eh, Yutube maksudnya :D hingga ke beberapa blog teman-teman. Sebenarnya bukan hanya tahun lalu sih, tapi sejak masih kuliah aku sudah suka mengamati keartistikan bangunan peninggalan kolonial Belanda itu. Acapkali berkunjung ke kota Pamekasan Madura bersama teman kuliah, aku sering sekali berlama-lama duduk di torotoar hanya untuk mengamati bangunan-bangunan unik itu.

Sempat terbersit dalam hati bahwa aku ingin mengunjungi beberapa tempat bernuansa herritage itu dari lokasi yang terdekat (di luar Madura), maksudnya tempat yang bisa dijangkau oleh waktu yang cukup singkat. Maklum, aku nyaris nggak punya waktu libur panjang untuk jalan-jalan ke luar Madura kecuali memang masa libur sekolah alias libur semesteran. Beruntung awal Pebruari lalu aku bisa mencuri waktu untuk cuti kerja selama dua hari, sehingga aku bisa menyisiri beberapa sudut kota tua yang ada di Surabaya Utara yang kebetulan berdekatan dengan rumah kakakku yang tinggal di sana. Alhasil, kupersiapkan beberapa keperluan untuk bisa menunaikan salah satu keinginanku merekam sudut-sudut kota tua yang nyaris bersembunyi di ruang hati dan pikiranku.

Sebenarnya tujuanku ke Surabaya karena ada satu keperluan. Satu hal penting dalam perjalananku kali ini adalah aku akan mengurus perpanjangan STNK dan pajak motor yang memang bernomor polisi Surabaya. Jadi, sambil menyelam minum air, begitulah istilahnya. Hahaha...

Oke, sebelum mengerjakan keperluan motor, aku terlebih dulu memilih jalan-jalan mengelilingi beberapa sudut kota Surabaya. Pertama, aku memacu motorku melewati Jalan H. Mansur. Di sana aku menemukan beberapa bangunan tua perpaduan Arab dan Eropa. Namun, lebih banyak unsur Arabnya. Dulu, kawasan ini merupakan kawasan padat yang dihuni beberapa masyarakat kampung Arab, bahkan jika suatu saat kalian berkunjung ke daerah ini, tak sedikit ada warga berhidung mancung keturunan Arab yang beraktivitas. Kampung Arab ini berada di sekitar kawasan Kali Mas, dengan Sunan Ampel sebagaj pusatnya.

Sore itu aku berniat membeli kebab di salah satu sudut jalan H. Mansur sebelah selatan. Ketika duduk mengantri, ternyata secara tidak sengaja menemukan bangunan tua yang menurutku unik dan menarik. Namanya Hotel Kemadjuan. Hotel ini bercat warna putih berpadu dengan warna hijau di beberapa ujung lekukan bangunannya. Begitu aku mendekati bangunan itu, aku baru tahu bahwa bangunan itu dibangun sejak pemerintahan VOC, yaitu tahun 1928.


Gambar Hotel Kemajuan (From: http://mapio.net/pic/p-89995584/)


Selanjutnya aku menuju kawasan Jalan Rajawali. Di sana lebih banyak lagi bangunan lama khas Eropa. Sayang sekali tak banyak gambar yang bisa kuambil karena baterai ponselku menipis. Namun, bukan berarti aku nggak bisa menikmati keindahan kota ini dengan mataku sendiri. Di sebelah barat Jembatan Merah itu banyak sekali berdiri beberapa bangunan khas Eropa yang notabene berpintu dan jendela berukuran besar. Seperti Gedung Cerutu, Museum De Javasche Bank, serta Hotel Ibis Rajawali Surabaya. Berhubung kala itu aku nggak bisa mengabadikan sudut bangunan dengan kamera pribadi, terlebih karena waktu yang sudah masuk malam hari, akhirnya aku putuskan untuk balik ke rumah kakak. Tapi insyaallah kapan-kapan aku akan berkunjung lagi ke kawasan itu untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah pembangunan dan apa fungsi gedung itu. Sekarang, aku pasang beberapa gambar yang kucomot dari beberapa blog sebagai gambaran buat kalian yang penasaran dengan bangunan-bangunan yang kumaksud di atas.

Gambar yang kucomot dari Pak Google.
Bekas Gedung Javasche Bank (from: http://junantoherdiawan.com/tag/gedung-eks-de-javasche-bank/)
Hotel Ibis Surabaya (from: http://insurabaya.blogspot.co.id/2013/07/alamat-telepon-tarif-hotel-ibis-surabaya.html)
Gedung Cerutu (from: http://farizahaqie.blogspot.co.id/2014/08/surabaya-malang-bromo-batu-bagian-22.html)


Oke, mungkin itu saja ya guys. Sambung lain waktu. Semoga bermanfaat. :D

Pulau Garam, Madura.
14 Maret 2017,
Menjelang pagi.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar